Minggu, 23 Oktober 2011

Kelahiran Nabi Muhammad saw

DI kota uamat manusia dalam kegelapan dan kehilangan pegangan hidupnya. Lahirlah kedunia dari keluarga yang sangat sederhana, di kota mekah, seorang bayi yang kelak akan membawa perubahan besar bagi peradaban dunia. Bayi itu yatim; ayahnya bernama Abdullah kurang lebih meninggal 7 hari sebelum ia dilahirkan.

Ia memiliki kakek yg bernama Abdul Muththalib.

Sedangkan ibunya bernama Siti Aminah.

Menurut penanggalan para ahli, kelahiran Nabi Muhammad saw itu pada tsnggal 12 Rabiul awal tahun Gajah atau tanggal 20 april tahun 571 M.

Adapun sebab dinamakan kelahiran Nabi Muhammad sebagai tahun Gajah, karena pada tahun itu, kota mekah diserang oleh suatu tentara orang Nasrani yang kuat dibawah pimpinan Abraha, gubernur dari kerajaan Nasrani Abessinia yang memerintah diYaman, dan mereka bermaksud menghancurka Ka’bah, pada waktu itu Abraha berkendaraan Gajah.

Nabi Muhammad saw. Adalah keturunan dari Qushai suku Quraisy yang berhasil menggulingkan kekuasaan Khuza’ah atas kota Meka. Ayahnya bernama Abdullah bin Abdul Muththalib bin Hasyim bin Abdumanaf bin Qusaiy bin Kilab bin Murrah dari golongan Arab Banu Ismail. Ibunya bernama Aminah binti Wahab bin Abdu Manaf bin Zuhra bin Kilab bin Murrah. Disinilah silsilah keturunan Ayah dan Ibu Nabi Muhammad saw bertemu. Baik dari pihan bapak ataupun Ibu keduanya termasuk goongan bangsawan dan terhormat dalamkalangan kabilah-kabilah.

Sudah menjadi kebiasaan pada orang-orang Arab kota mekah, terutama pada orang-orang yang tergolong bangsawan, menyusukan dan menitipkan bayi-bayi mereka kepada wanita badiyah ( dusun di padang pasir) agar bayi-bayi mereka dapat menghurup uadara yang bersih, terhindar dari penyakit-penyakit kota dan supanya bayi-bayi itu dapat barbicara dengan bahasa yang murni dan fasih. Demijkianlah dangan Nabi Muhamad saw beliau diserahkan oleh ibunya kepada seorang perempuan yang baik, Halimah Sa’diyah dari Bani sa’ad kabilah Hawazin, tempatnya tidak jauh dari kota mekah. Di perkampungn Bani Sa’ad inilah Nabi Muhammad saw diasuh dan dibesarkn sampai berusia 5 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar